Jumat, 07 Juni 2013

Motherhood

gambar diambil dari sini

Hari ini adalah hari terakhir Clara, putri sulungnya, berusia lima tahun. Seperti tiap tahun yang telah lepas, di pagi hari terakhir itu, Eliza selalu memotret Clara. Kali ini ia mengambil gambar Clara yang tengah tidur. Takberapa lama, dimulailah rutinitasnya di pagi hari sebagai seorang ibu. Menyiapkan sarapan pagi untuk suami dan kedua anaknya, menyiapkan perlengkapan sekolah Clara, merapikan rumah, mengurus anak bungsunya, lalu mengurus dirinya sendiri. 


Begitu sibuknya hingga ia lupa mengganti dasternya dan lupa membawa tas Clara ketika akan mengantar anaknya sekolah. Saat kembali untuk mengganti daster, perempuan yang sempat berprofesi sebagai penulis sebelum menikah ini menyempatkan diri menulis di blog pribadinya. Saat itu lah, ia menemukan informasi kontes menulis tentang arti menjadi seorang ibu. Berhadiah lumayan. Namun deadline-nya sudah mendesak.

Hari ini kegiatannya bertambah. Selain harus menemani anak bungsunya jalan-jalan dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, ia juga harus menyiapkan pesta ulang tahun ke-enam Clara. Selain itu, Eliza juga memutuskan untuk mengikuti kontes menulis tersebut.  

Namun, harinya saat ini berjalan tidak begitu lancar. Ketika Eliza minta tolong suaminya untuk menjaga putra bungsu mereka beberapa saat agar ia punya sedikit waktu untuk menulis, ternyata suaminya sudah punya janji meeting yang takbisa ditinggalkan. Anjing piaraannya membuang kotoran di trotoar yang menyebabkan ia diomeli oleh tetangga dan para pejalan kaki. Ia juga sempat ribut dengan salah satu pengendara karena parkir mobilnya menghalangi jalan. 

Juga, pada hari yang sama, jalanan di depan apartemennya akan dipakai untuk pengambilan film sehingga untuk sementara, tidak ada mobil yang boleh parkir di sana. Mobil-mobil yang telah terlanjur parkir pun dipindahkan tanpa sepengetahuan pemiliknya. Termasuk mobil Eliza. Ia gusar dan sempat bersitegang dengan salah satu kru film mengenai jadwal syuting yang tiba-tiba dan pemindahan mobil yang tanpa sepengetahuannya. 

Saat suaminya pulang, Eliza menitipkan putra bungsunya dan mulai berbelanja keperluan ulang tahun Clara. Juga meminta pendapat suaminya mengenai tulisan bikinannya untuk kontes menulis. Di tengah jalan, ban sepedanya pecah karena menggilas beling. Di dalam swalayan, ketika sedang mengantri membayar, ia juga sempat ribut dengan pengantri di depannya, bersebab orang itu merasa terganggu dengan suara Eliza saat ia memanfaatkan waktu mengantri dengan menelepon sahabatnya.  

Ia pun pulang dengan mendorong sepedanya. Mampir terlebih dulu ke sebuah toko kue untuk mengambil kue ulang tahun pesanannya. Malangnya, ada kesalahan dalam menuliskan nama Clara pada permukaan atas kue itu. Eliza ngotot minta diubah. Akan tetapi penjual itu juga ngotot bahwa kesalahan ada pada pihak Eliza. 

Sesampainya di depan apartemen, ternyata suami dan putranya sedang keluar. Pintu takbisa dibuka. Akibatnya, ia harus menaiki belasan tangga. Saat sedang menghias rumah untuk pesta putrinya, sahabatnya menelepon dan mengomeli Eliza, bersebab ia terlanjur posting curhatan yang ternyata merupakan hal rahasia bagi sahabatnya. Ia juga menemukan banyak koreksi dari suaminya pada tulisan yang akan dikirimkannya untuk kontes menulis. Koreksi yang bernada, kamu sebenarnya mau nulis apa?  

Ia taktahan lagi dengan berbagai kejadian pada hari itu. Dengan kecepatan penuh, ia menyetir mobilnya keluar kota. Akhirnya Eliza kembali bersebab suaminya menelepon. Putranya tersedak mainan yang tertelan. Keributan kecil antara ia dan sang suami pun sempat terjadi.

Namun semua berakhir dengan damai. Pesta ulang tahun putrinya berjalan lancar. Ia bisa mengubah sendiri kesalahan menuliskan nama di permukaan atas kue ulang tahun. Sang suami memberinya kejutan yang menyenangkan. Ia pun akhirnya berdamai dengan sahabatnya. Dan lebih dari itu, berkat rentetan kejadian tersebut, Eliza berhasil menyimpulkan arti dari menjadi seorang ibu:

Adalah menerima waktumu yang terbatas dan berusaha keras dalam hal waktu. Meski rasanya kamu akan mati karenanya. Tapi kamu harus tetap berusaha dan terus bertahan.
Jadi, nikmati harimu. Cermati anakmu sebab mereka tahu cara menikmati waktu yang terbatas dengan hasrat. Tidak ada yang lebih penting dari itu. Mereka dapat membantumu untuk selalu mengingatnya.
 
Judul Film : Motherhood • Kategori: drama, komedi, film tentang arti menjadi seorang ibu • Pemeran: Uma Thurman (Eliza Welsh, ibu dari dari dua orang anak), Minnie Driver (Sheila, sahabat Eliza), Anthony Edwards (Avery, suami Eliza) • Sutradara: Katherine Dieckmann • Penulis: Katherine Dieckmann • Produser: Christine Vachon, Pamela Koffler, Jana Edebaum, Rachel Cohen • Musik: Joe Henry • Distribusi: Freestyle Releasing • Rilis: 23 Oktober 2009 • Durasi: 90 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar