Selasa, 17 Juni 2014

Berkarya dan Berceloteh dari Dapur #8 : Soto Kudus

Rabu, 11 Juni 2014

Lebih nge-jreng piring-piringnya ketimbang masakannya, kwekwek :p *NgunyahPiring*


Dulu, saya heran melihat ibu saya, yang meskipun di meja makan banyak hidangan yang baru beliau masak, namun lebih memilih memakan hidangan kemarin yang diolah kembali. Atau, beliau memakan hidangan yang baru dimasak dengan porsi lebih sedikit dibanding yang dimakan anak-anaknya. Atau, mengambil bagian yang ia tahu tidak disukai oleh anak-anaknya. 

Selain heran, kadang saya merasa kasihan (apa ibu saya sedang tidak punya duit dan beliau sedang sangat berhemat) atau malah sebal (saya kan jadi sungkan untuk makan banyak sementara beliau yang bikin masakan ini malah hanya memakan secuil). 

Saya lupa pernah menanyakan hal ini atau belum. Tapi yang pasti, apa yang dilakukan ibu saya itu baru benar-benar saya pahami kemudian, saat saya telah memiliki anak, serta menjadi juru masak di dalam keluarga. 

Saat akan memasak, saya benar-benar berupaya menakar agar kuantitas makanan yang saya masak cukup untuk hari ini (tidak ada anggota keluarga yang merasa kekurangan makanan) dan juga bisa habis untuk hari ini; tidak bersisa sedikit pun. Jika ternyata jumlahnya kurang, maka saya harus memasak lagi. Sebaliknya, jika jumlahnya berlebih, maka akan ada makanan bersisa yang harus saya habiskan, esok harinya.

Untuk mengantisipasi agar saya tidak perlu memasak lagi, saya melakukan apa yang ibu saya pernah lakukan, mengambil makanan secukupnya saja, bahkan seminimal mungkin, agar suami dan anak saya bisa makan dengan puas. Sebaliknya, jika makanan berlebih, esoknya saya olah lagi agar bisa saya makan, meski saya paham makanan yang sudah beberapa kali diolah itu kurang sehat. Jika kejadiannya hanya sesekali, jumlah makanan berlebih itu tidak banyak, dan berupa sayuran, dengan berat hati saya akan membuangnya. Namun jika kejadian tersebut berulang kali dengan jumlah yang cukup banyak dan bukan berupa sayuran, dengan berat hati pula saya akan memakannya (kadang saya tawari juga pada suami saya).

Apa alasan saya melakukan hal yang sama  dengan apa yang dilakukan ibu? Sebab saya paham masih banyak orang-orang yang kekurangan makan. Sebab memasak itu (ternyata) tidak mudah, butuh waktu dan energi. Sebab saya jadi merasa takmenghargai hasil keringat suami saya.

“Kau tidak akan pernah bisa memahami sesorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya… hingga kau menyusup ke balik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya.”  -Harper Lee, dalam “To Kill A Mockingbird”

Ya, saya kini seorang ibu. Menjalani peran sebagai seorang ibu. Seperti ibu saya. Banyak sikap ibu yang baru saya pahami ketika saya menjadi ibu. Pemahaman itu datang seperti hujan yang tiba-tiba menderas.

Hari ini saya memasak soto kudus. Habis tanpa sisa. 

Salam,


Nanda
 

6 komentar:

  1. Sama Mak....sy jg begitu...kdg tempe goreng sisa td mlm...paginya sy potong kecil2 sy buat utk campuran nasi goreng...dan suami kebetulan suka nasi goreng dg irisan tempe yg dimsk bareng sm nasi goreng....btw sotonya menggoda selera.....nyammy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim ke sini nasi gorengnya mak, ntar saya kirim balik sotonya, wkwkk :p

      Hapus
  2. Wah perlu pebfalaman bgt ya menakar jumlah makanan yang pas. Semangat mbak.. btw kalo perlu tim penyicip soto kudus hubungi saya ya.. hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. perluuu, terutama buat nakar makan si baby. hahhaa... okeh, saya tunggu di pontianak ya :D

      Hapus
  3. Bukannya bisa dikira-kira ya mbak porsi makan suami dan anak-anak, jadinya memasak bisa pas kan? Atau memang sengaja dilebihkan supaya kalau mereka minta nambah lauk masih ada?

    Kalau Ibu saya, bila ada lauk yang tersisa dan masih layak makan, maka dibungkus bersama nasi kemudian diberikan ke pemulung (bukan pengemis lho).

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo makan saya dan suami bisa ditakar. kalo makannya bayi agak susah karena porsi makannya berubah-ubah. suka-suka dia aja. belom lagi kadang-kadang sebelum makan dia suka eksplorasi makanan dulu (makanannya diaduk-aduk, dibejek-bejek, ditumpahin ^^') trus nanti minta lagi untuk dimakan beneran. waahh... ide bagus. etapi (baru inget) di sini gak ada pemulung (dan pengemis), hemm...

      Hapus